TM-8 Metode Desain

Metode Desain

(User Interface Design–UID)

Tujuan :

Merancang interface yang efektif untuk sistem perangkat lunak agar siap digunakan, dan hasilnya sesuai dengan kebutuhan.

Graphical user interface : Interface yang banyak digunakan dalam software.

Keuntungannya :

1.       Gampang dipelajari oleh pengguna yang kurang pengalaman;

2.       Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi;

3.       Akses penuh pada layarà beberapa macam tugas/keperluan.

Karakteristik GUI :

Prinsip –prinsip dalam merancang user interface :

(1) user familiarity / mudah dikenali :

Gunakan istilah, konsep dan kebiasaan user bukan computer (misal: sistem perkantoran gunakan istilah letters, documents, folders bukan directories, file, identifiers. Contoh : jenis document open office;

(2) consistency/ “selalu begitu” :

Konsisten dalam operasi dan istilah di seluruh sistem sehingga tidak membingungkan.

Contoh : layout menu di open office mirip dgn layout menu di ms office.

(3) minimal surprise / tidak buat kaget user :

Operasi bisa diduga prosesnya berdasarkan perintah yang disediakan.

(4) recoverability/pemulihan :

Recoverability ada dua macam:

– confirmation of destructive action

– ketersediaan fasilitas pembatalan (undo);

(5) user guidance/ bantuan :

Sistem manual online, menu help, caption pada icon khusus tersedia;

(6) user diversity/keberagaman :

Fasilitas interaksi untuk tipe user yang berbeda disediakan. Misalnya ukuran huruf bisa diperbesar.

User interface yang baik :

Menyatukan interaksi pengguna (user interaction) dan penyajian informasi (information presentation).

Ada 5 tipe utama interaksi untuk user interaction:

  1. Direct manipulation–pengoperasian secara langsung:

Interaksi langsung dengan objek pada layar.

Contoh :

Delete file dengan memasukkannya ke trash; video games.

Kelebihan:

Waktu pembelajaran user sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat.

Kekurangan :

Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek.

  1. Menu selection–pilihan berbentuk menu:

Memilih perintah dari daftar yang disediakan.

Contoh :

Saat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki.

Kelebihan :

  • User tidak perlu ingat nama perintah.
  • Pengetikan minimal.
  • Kesalahan rendah.

Kekurangan :

  • Tidak ada logika and atau or.
  • Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan.
  • Menu dianggap lambat oleh expert user dibanding command language.
  1. Form fill-in–pengisian form :

Mengisi area-area pada form.

Contoh: stock control.

Kelebihan :

  • Masukan data yang sederhana.
  • Mudah dipelajari.

Kekurangan :

  • Memerlukan banyak tempat di layar.
  • Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan user.
  1. Command language–perintah tertulis:

Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program.

Contoh : operating system.

Kelebihan :

  • Perintah diketikan langsung pada system. Contoh : unix, dos command.
  • Bisa diterapkan pada terminal yang murah.
  • Kombinasi perintah bisa dilakukan.

Contoh : copy file dan rename nama file.

Kekurangan:

  • Perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya.
  • Tidak cocok untuk user biasa.
  • Kesalahan pakai perintah sering terjadi.
  • Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.
  • Kemampuan mengetik perlu.
  1. Natural language–perintah dengan bahasa alami:

Gunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil.

Contoh: search engine di internet.

Kelebihan:

  • Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat)

Contoh :

Kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine.

  • Ada kebebasan menggunakan kata-kata.

Kekurangan:

  • Tidak semua sistem cocok gunakan ini.
  • Memerlukan banyak pengetikan.

Karakteristik informasi :

1. Static information:

  • Ditentukan saat awal sesi. Tidak berubah selama sesi berjalan.
  • Bisa berupa informasi numeris atau teks chart di ms-excel
  • Disajikan dengan jenis huruf khusus yang mudah dibaca atau diberi highlight dengan warna tertentu. Menggunakan icon yang mewakili.

2. Dynamic information:

  • Perubahan terjadi selama sesi berlangsung dan perubahan harus dikomunikasikan/ditunjukkan ke user
  • Bisa berupa informasi numeris atau teks.

Contoh : defragmentation, scanning virus, download.

Informasi dengan numerik dapat disajikan dengan cara digital atau analog dengan karakteristik :

1. Digital presentation

A. Singkat – hanya perlu sedikit tempat pada layar

B. Ketepatan nilai ditunjukkan

2. Analogue presentation

A. Nilai terlihat sambil lalu

B. Untuk menunjukkan nilai relatif

C. Mudah melihat data nilai yang berbeda

Penggunaan warna pada desain interface :

  • Warna menambah dimensi ekstra pada suatu interface dan membantu user memahami struktur yang kompleks;
  • Bisa dipakai untuk mewarnai-terang (higlight) hal-hal khusus;
  • Kesalahan umum dalam penggunaan warna pada desain user interface:

ü   Menggunakan warna untuk mengkomunikasikan, merah : peringatan atau ada kesalahan;

ü   Terlalu banyak gunakan macam warna.

Petunjuk penggunaan warna à desain interface :

1.     Hindari penggunaan terlalu banyak warna;

2.     Gunakan kode warna untuk mendukung operasi;

3.     Pengguna bisa kendalikan warna untuk kode;

4.     Desain monochrome kemudian tambahkan warna;

5.     Gunakan warna kode secara konsisten;

6.     Hindari pasangan warna yang tidak cocok/norak;

7.     Gunakan warna untuk menunjukkan perubahan status.

User support :

User guidance—dalam user interface–meliputi fasilitas sistem termasuk on-line help, error messages, dan user manual.

Faktor-faktor pada desain error message :

Error message dengan orientasi yang berbeda :

  • Berorientasi pada sistem :

ü   Pesan membuat pengguna merasa tidak berdaya karena tidak ada jalan keluar yang jelas.

ü   Bahasa yang digunakan adalah bahasa teknis yang tidak berarti apa-apa.

  • Berorientasi pada pengguna :

ü   Pesan lebih jelas dan memberikan alternatif jalan keluar.

ü   Meskipun informasi yang diberikan lebih banyak dan terkesan penuh, tapi pengguna merasa tertolong.

By ludvina2309

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s